Fashion akhir – akhir ini sangat diminati oleh anak muda, karena
dari fashion itulah mereka lebih terlihat menarik dan modis. Bagi sebagian
besar anak muda, terlihat modis, rapi, dan trendy, sudah menjadi sebuah
kebutuhan yang tak bisa dipisahkan. Tidaklah heran bila perubahan gaya hidup
tersebut, menjadikan bisnis fashion sebagai salah satu peluang usaha yang
prospek pasarnya sangat menjanjikan saat ini.
Maka dari itubanyak ditemukan distro atau butik yang menjual
berbagai macam pakaian dan aksesoris lainnya untuk menyempurnakan fashion anak
muda jaman sekarang. Sebagian besar bisnis distro yang muncul memang
sengaja membidik kalangan anak muda baik pria maupun wanita. Bila industri
garmen menawarkan produk fashion secara massal dengan harga yang sangat murah, distro yang
ada sengaja dibuat dengan konsep eksklusif untuk membidik konsumen kelas atas
maupun kalangan anak muda yang menyukai desain produk yang terkenal terbatas (hanya
5-20 pcs).
Industri ini sendiri bermulai pada pertengahan tahun 1990 di
daerah Bandung, Saat itu band-band independen (Indie) di Bandung
berusaha menjual merchandise mereka seperti CD/kaset, t-shirt,
dan sticker selain di tempat mereka melakukan pertunjukan. Selain
komunitas musik, akhirnya banyak komunitas lain seperti komunitas punk dan skateboard yang
kemudian juga membuat toko-toko kecil untuk menjual pakaian dan aksesori
mereka. Kini, industri distro sudah berkembang, bahkan dianggap menghasilkan
produk-produk yang memiliki kualitas ekspor.
Menurut pengelola distro Bandung Mode, Irvan Darwin, distro
merupakan salah satu industri kreatif yang mungkin paling besar mendapatkan
reaksi positif dari masyarakat. Indikasinya terlihat dari tingginya minat
masyarakat untuk membeli berbagai produk barang baju distro yang
dititipkan di distro. Apalagi pada umumnya berbagai barang yang dijual di
distro relatif mengikuti perkembangan kebutuhan anak muda. Karena itu tidak
heran kalau semua produk yang dihasilkan clothing relative mendapatkan respons
positif dari anak muda. "Target pasarnya cenderung ke anak muda. 15-25
tahunlah. Ketatnya persaingan pasar dan banyaknya distro baru yang mulai
bermunculan, menuntut kita yang akan melakukan bisnis distro untuk terus
berkreasi dan berinovasi untuk memanjakan para konsumen. Salah satunya seperti
melayani delivery order untuk memanjakan para konsumen yang lokasinya cukup
terjangkau dari lokasi distro yang kita miliki.
Peluang
ini sangatlah bagus jika kita bisa mengelolanya. Bagi Anda para mahasiswa,
pekerja atau wirausahawan yang tertarik pada dunia fashion, peluang bisnis
sampingan distro seperti ini tentu sangat cocok untuk kalian, dan bisa
kalian jalankan disela-sela padatnya jadwal sehari-hari. Yang paling penting
tetep terus berusaha walau harus harus jatuh bangun menghadapi persaingan
bisnis yang semakin ketat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar